Home / Artikel / PeduliLindungi, Aplikasi Membantu mecak Penyebaran Covid-19

PeduliLindungi, Aplikasi Membantu mecak Penyebaran Covid-19

Salah satu kesulitan melacak jaringan kontak penderita positif dengan orang lain adalah melacak siapa saja yang pernah berinteraksi, dan kemana saja orang tersebut berinteraksi. seringkali kita lupa ke mana saja dan ke siapa saja kita sudah pernah berinteraksi. Dan salah satu tantangannya adalah kadangkala menemukan orang yang tidak jujur dengan riwayat interaksi nya dengan penderita atau pun orang yang pernah berinteraksi dengan PDP/ODP. salah satu memudahkan nya adalah memanfaatkan gawai yang saat ini semua orang sudah memilikinya, dan sudah tersedia fitur GPS maupun bluetooth yang diperlukan. atas sebab itu, tercetuslah ide menciptakan  aplikasi yang bernama PeduliLindungi .

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (COVID-19). Aplikasi ini mengandalkan kepedulian (peduli) dan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dirancang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN untuk digunakan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas dalam mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Aplikasi PeduliLindungi ini dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk membantu masyarakat mengetahui keberadaan suspect atau zona-zona berisiko penularan virus corona (Covid) 19. Aplikasi ini dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (COVID-19).

Aplikasi PeduliLindungi  ini membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memastikan keamanan aplikasi PeduliLindungi untuk digunakan dan data dari pengguna akan dihapus ketika pandemi ini juga berakhir.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Bagaimana PeduliLindungi bekerja?
PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gadget Anda dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing. PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.  Anda juga akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika Anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP. Jika Anda pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus COVID-19 positif, baik Anda tahu ataupun tidak tahu orangnya, PeduliLindungi membantu petugas resmi pelacakan kontak untuk menghubungi Anda lebih cepat. dengan begitu, lebih cepat juga menghentikan penularan COVID-19, sehingga kita bisa melindungi orang-orang yang tercinta di sekitar kita.

Kerahasiaan Data Pribadi Dijamin Aman
PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan. Aplikasi ini dipastikan aman dari phishing dan malware. aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Lindungi diri Anda dan yang tercinta dengan mengunduh PeduliLindungi.  Partisipasimu sangat berarti untuk menghentikan penularan virus corona di Indonesia. PeduliLindungi didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Beberapa manfaat aplikasi PeduliLindungi diantaranya :

1. Membantu Pelacakan untuk Menghentikan Penyebaran COVID-19
Dengan mengaktifkan akses bluetooth, Anda akan membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

2. Notifikasi Zona Merah
Dengan mengaktifkan akses lokasi, Anda akan mendapat notifikasi melalui aplikasi PeduliLindungi jika Anda memasuki zona merah.
Zona merah adalah area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan. Selanjutnya, jika Anda tetap berada di zona merah tersebut selama 30 menit, PeduliLindungi juga akan memberikan pengingat untuk segera menyelesaikan urusan Anda.

3. Notifikasi jika anda tengah berkumpul 
Anda akan mendapat notifikasi melalui aplikasi PeduliLindungi jika Anda berada di tempat yang sama dengan beberapa orang yang sama-sama mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi dalam waktu yang cukup lama.
berikut beberapa ilustrasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi

sumber : www.kominfo.go.id, pedulilindungi.id, indonesiabaik.id

Tentang Aulia Ullah

Cek Juga

UIN SUSKA Riau Mengadakan Program “UIN SUSKA Riau Bersedekah untuk Masyarakat Terdampak Covid 19”

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1441 H, Rektor UIN SUSKA Riau, Prof Dr. H. Akhmad …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *