Home / Artikel / Apa itu INARisk ?

Apa itu INARisk ?

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 diketuai Doni Monardo, membuat terobosan lewat aplikasi INARISK Personal. Lewat aplikasi tersebut, selagi berada di rumah, masyarakat dapat melakukan penilaian mandiri terkait perlu atau tidaknya melakukan tes cepat (rapid test) Covid-19. Apa itu inaRISK?

Inarisk adalah portal hasil kajian risiko bencana yang menampilkan informasi ancaman bencana, kerentanan (populasi, kerugian fisik, ekonomi, dan lingkungan), kapasitas, dan risiko bencana. portal hasil kajian risiko yang menggunakan arcgis server sebagai data services yang menggambarkan cakupan wilayah ancaman bencana, populasi terdampak, potensi kerugian fisik (Rp.), potensi kerugian ekonomi (Rp.) dan potensi kerusakan lingkungan (ha) dan terintegrasi dengan realisasi pelaksanaan kegiatan pengurangan risiko bencana sebagai tool monitoring penurunan indeks risiko bencana.

Inarisk juga dapat menampilkan pantauan indeks risiko bencana. Inarisk dikembangkan oleh BNPB melalui kolaborasi bersama kementerian dan lembaga yang berkaitan dengan penanggulangan bencana di Indonesia. Portal ini bersifat dinamis, instansi lain dapat berkolaborasi.

Diharapkan InaRISK dapat digunakan oleh semua pihak, termasuk masyarakat dalam menyusun rencana-rencana penanggulangan bencana dan selain sebagai portal untuk sharing data spasial dalam bentuk service gis adalah sebagai:

  • Alat diseminasi hasil kajian risiko bencana kepada Pemerintah, Pemda, dan stakeholder lainnya sebagai dasar perencanaan program pengurangan risiko bencana.
  • Membantu Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan para pihak dalam menyusun strategi pelaksanaan program, kebijakan, dan kegiatan untuk mengurangi risiko bencana di tingkat nasional hingga daerah.
  • Membantu Pemerintah dalam melakukan pemantauan terhadap capaian penurunan indeks risiko bencana di Indonesia.
  • Menyediakan data spasial untuk kepentingan analisa lainnya, seperti GCDS (Global Center Disaster Statistics), MHEWS, revisi tata ruang, dll.

Untuk meulainya, Anda bisa mendownload aplikasi inaRISK Personal melalui playstore android dan appstore ios.

Inarisk personal membantu anda untuk mengenal risiko bencana di tempat tinggal anda saat ini. Dengan penambahan fitur covid19 anda dapat melakukan penilaian mandiri untuk pribadi, keluarga dan desa. Tujuannya untuk mengetahui status risiko dan mendapatkan saran rekomendasi untuk masing-masing hasil penilaian mandiri dan mendapatkan informasi rumah sakit rujukan dan rumah sakit lainnya dari lokasi kita berada. Kontribusi anda mengisi PENILAIAN MANDIRI ini, akan memNPBantu upaya percepatan penanganan Covid19. Terimakasih anda sudah berpartisipasi membantu percepatan dan penanganan Covid19.

Untuk informasi lebih lanjut
Cari tau apa risiko Anda dengan mengunjungi inarisk.bnpb.go.id

sumber : BNPB.go.id, covid19.go.id


Artikel penting lain terkait inaRISK
Tutorial inaRISK
Penilaian Mandiri Covid-19

Tentang Aulia Ullah

Cek Juga

PeduliLindungi, Aplikasi Membantu mecak Penyebaran Covid-19

Salah satu kesulitan melacak jaringan kontak penderita positif dengan orang lain adalah melacak siapa saja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *